إعـــــــلان

تقليص
لا يوجد إعلان حتى الآن.

النظام السياسي باندونيسيا

تقليص
X
 
  • تصفية - فلترة
  • الوقت
  • عرض
إلغاء تحديد الكل
مشاركات جديدة

  • النظام السياسي باندونيسيا

    يعتبر النظام السياسي الإندونيسي نظاما جمهوريا رئاسيا ، وتعتبر الجمهورية الإندونيسية دولة اتحادية تتركز فيها السلطات بيد الحكومة المركزية . ولدت جمهورية إندونيسيا في العام 1945 بعد فترة طويلة من الحكم الاستعماري الهولندي والاحتلال الياباني أثناء الحرب العالملية الثانية وقد أنشأ الآباء المؤسسون شكل الحكومة المركزية أو دولة اتحادية من أجل توحيد الشعب الإندونيسي المكون من خليط متباين ومختلف عرقيا ودينيا وثقافيا موزع على آلاف الجزر.
    استمرت إندونيسيا بتبني نموذج الحكومة الاتحادية لمدة خمس سنوات بعد الاستقلال حتى ديسمبر 1949 فقامت بتبني نموذج الجمهورية المتحدة الإندونيسية لمدة سبعة أشهر حتى أغسطس 1950 إلا أنها عادت إلى نموذج دولة وحدوية مركزية على اساس دستور عام 1945 . بعد نهاية النظام الجديد اندونيسيا ( 1966-1998 ) خضعت المؤسسات السياسية والحكومية لاصلاحات شاملة حدثت أربعة تعديلات على دستور عام 1945 في إندونيسيا في الأعوام 1998 – 1999-2000-2001 فتم إعادة تنظيم السلطات التنفيذية والقضائية والتشريعية وواجهت الحكومات الإندونيسية ضغوطا من الأقاليم للحد من مركزية الحكومة حيث منحت الأقاليم شكلا من الحكم الذاتي كشكل من اشكال لا مركزية السلطة وتحول النظام على إثرها إلى نظام جمهوري ديمقراطي دستوري لا مركزي.
    السلطة التنفيذية
    يعتبر الرئيس رأس السلطة التنفيذية في إندونيسيا وتبعا للدستور فإن الرئيس يعتبر راس الدولة ورئيس الحكومة والقائد العام للقوات المسلحة الإندونيسية والمسؤول عن الإدارات المحلية . يتم اختيار الرئيس ونائبه من خلال التصويت المباشر لمدة خمس سنوات ويجو أن يحكم لمدة فترتين متتاليتين ، وقد كان سابقا ( قبل 2004 ) من خلال مجلس الشورى.
    يعين الرئيس الوزراء ويمتلك سلطات واسعة تمكنه من إدارة البلاد بشكل مستقل في حالات الطواريء.
    الدستور
    تم كتابة الدستور الاندونيسي لأول مرة في يوليو اغسطس 1945 ثم تم ايقاف العمل به بعد أن حل محله الدستور الاتحادي 1949 والدستور المؤقت 1950 ومن ثم تم اعادة العمل بدستور 1949 في يوليو 1959.
    ينظم الدستور العلاقة بين مركز الدولة وباقي الولايات إلى جانب تحديد مسؤوليات المسؤولين في الدولة وسلطاتهم والمهام الموكلة اليهم اضافة الى تنظيم العلاقات بين مؤسسات الدولة ( التشريعية والتنفيذية والقضائبة ).

    السلطة القضائية
    تعتبر المحكمة العليا أعلى هيئة قضائية ، يتم تعيين قضاتها من قبل رئيس الجمهورية وتتكون السلطة القضائية من مجموعة مختلفة من المحاكم والتي تتمايز فيما بينها حسب الاختصاص.
    يتم الحكم في معظم القضايا المدنية أمام المحاكم الوطنية أما الطعون فأمام المحكمة العليا.
    المحاكم الأخرى تشمل :
    • المحكمة التجارية وتنظر في قضايا الإفلاس والإعسار.
    • محكمة الدولة الإدارية وتنظر في قضايا القانون الإداري ضد الحكومة.
    • المحكمة الدستورية وتنظر في القضايا المتعلقة بشرعية القوانين والانتخابات العامة وحل الأحزاب السياسية ونطاق سلطة مؤسسات الدولة.
    • المحاكم الدينية للتعامل مع الحالات الشرعية.

    الأحزاب السياسية
    تضم الساحة الاندونيسية طيفا واسعا من الأحزاب السياسية تختلف في احجامها وخلفياتها الفكرية والايديولوجية . بلغ عدد الاحزاب التي شاركت في انتخابات 1999 حوالي 48 حزبا ...فيما بلغت 44 حزبا في انتخابات 2004 و2009 لم ينجح منها سوى 9 احزاب استطاعت ان تحصل على النصاب القانوني الذي يسمح لها بالدخول إلى البرلمان وهذه النسبة هي 2.5% .اما في الانتخابات التي جرت في هذا العام 2014 فقد بلغ عدد الاحزاب التي شاركت (12 ) حزبا

  • #2
    ثم تم ايقاف العمل به
    ما معنى هذه الكلمة أستاذ ؟

    تعليق


    • #3
      Farizal bachtiar
      Sistem politik di Indonesia
      Sistem politik Indonesia adalah sistem republik presidensial. Republik Indonesia adalah negara federal dimana pihak berwenang berkonsentrasi di bawah pemerintah pusat. Republik Indonesia lahir pada tahun 1945 setelah periode panjang penjajahan Belanda dan pendudukan Jepang selama Perang Dunia Kedua. Para pendiri membentuk pemerintah pusat atau negara federal untuk menyatukan masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai campuran ras, agama dan budaya yang tersebar di ribuan pulau.
      Indonesia terus mengadopsi model pemerintah federal untuk periode lima tahun setelah kemerdekaan hingga Desember 1949, lalu Indonesia mengadopsi model Republik Indonesia Serikat untuk periode tujuh bulan hingga Agustus 1950, tetapi kembali ke model negara kesatuan pusat berdasarkan konstitusi 1945. Setelah berakhirnya sistem baru, Institusi politik dan pemerintah Indonesia (1966-1998) mengalami reformasi menyeluruh. Terdapat empat amandemen pada konstitusi umum di Indonesia pada tahun 1945 1998 - 1999-2000-2001. Lantas Kekuasaan eksekutif, yudikatif dan legislatif ditata ulang dan pemerintah Indonesia mendapat tekanan dari provinsi untuk mengurangi sentralisasi pemerintah, karena daerah diberi otonomi sebagai bentuk kekuasaan non sentral, dan rezim kemudian berubah menjadi sistem republik konstitusional, bukan sentral.
      Badan eksekutif
      Presiden adalah kepala otoritas eksekutif di Indonesia, menurut konstitusi, presiden adalah kepala negara dan kepala pemerintahan dan panglima tertinggi angkatan bersenjata Indonesia dan bertanggung jawab atas administrasi lokal. Presiden dan wakilnya dipilih dengan pemungutan suara langsung untuk jangka waktu lima tahun dan boleh untuk memerintah selama dua periode berturut-turut. Dahulu sebelumnya (sebelum 2004) melalui Dewan Syura, Perdana Menteri menunjuk dan memiliki kekuatan luas yang memungkinkannya untuk mengelola negara secara mandiri di saat situasi darurat.
      Konstitusi
      Konstitusi Indonesia pertama kali ditulis pada bulan Juli Agustus 1945 dan ditangguhkan setelah digantikan oleh Konstitusi Federal 1949 dan Konstitusi Sementara 1950, kemudian Konstitusi 1949 itu selesai dipulihkan pada Juli 1959. Konstitusi mengatur hubungan antara status negara dan negara bagian lainnya serta mendefinisikan tanggung jawab dan wewenang pejabat negara dan tugas-tugas yang diberikan kepada mereka di samping mengatur hubungan antar lembaga negara (legislatif, eksekutif dan yudikatif).
      Lembaga Peradilan
      Mahkamah Agung adalah badan peradilan tertinggi yang hakimnya ditunjuk oleh Presiden Republik dan peradilan itu terdiri dari berbagai pengadilan yang berbeda-beda menurut yurisdiksinya. Sebagian besar kasus perdata diputuskan di pengadilan nasional, sementara banding diajukan ke Mahkamah Agung. Pengadilan lain mencakup:
      Pengadilan komersial menangani kasus-kasus kebangkrutan.
      Pengadilan Tata Usaha Negara menangani perkara hukum administrasi terhadap pemerintah.
      Mahkamah Konstitusi menyidangkan kasus-kasus yang berkaitan dengan legalitas hukum, pemilihan umum, pembubaran partai politik dan ruang lingkup kewenangan lembaga negara.
      Pengadilan agama untuk menangani kasus-kasus Syariah.
      Partai politik
      Kancah Indonesia mencakup berbagai partai politik yang berbeda dalam ukuran dan latar belakang intelektual dan ideologis. Jumlah partai yang berpartisipasi dalam pemilu 1999 mencapai sekitar 48 partai, mencapai 44 partai dalam pemilu 2004 dan di 2009 hanya 9 partai yang berhasil mendapat mandat yang memungkinkan mereka untuk masuk ke parlemen, dan persentase ini adalah 2,5%. Itu terjadi pada tahun 2014 ini, jumlah partai yang berpartisipasi.

      تعليق


      • #4
        qinus as`adi.docx

        تعليق

        يعمل...
        X