إعـــــــلان

تقليص
لا يوجد إعلان حتى الآن.

BAB VIII Korupsi dan Upaya Pemberantasannya dalam Pandangan Islam

تقليص
X
 
  • تصفية - فلترة
  • الوقت
  • عرض
إلغاء تحديد الكل
مشاركات جديدة

  • BAB VIII Korupsi dan Upaya Pemberantasannya dalam Pandangan Islam

    https://drive.google.com/file/d/1a2G...w?usp=drivesdk

  • #2
    Assalamu'alaikum wr.wb. Saya Nabillah Nurul Fitria izin bertanya,bagaimana peran agama islam untuk menumbuhkan budaya anti korupsi yang saat ini terjadi di bagsa kita? Terimakasih. Wassalamu'alaikum wr.wb

    تعليق


    • Nurul Izzah K. P. P.
      Nurul Izzah K. P. P. تم التعليق
      تعديل التعليق
      Saya Nurul Izzah izin menanggapi yaa

      Menurut saya Karakter yang sarat dengan moralitas harus ditanamkan secara baik kepada anak-anak semenjak mereka masih kecil. Kejujuran, sabar, mampu mengendalikan diri, cinta kebaikan, amanah, menepati janji, tawadhu’ dan nilai-nilai kebajikan lainnya harus di tanamkan sejak dini. Character building yng dilakukan sejak dini memberi kemungkinan yang lebih besar untuk tertanam secara kukuh dalam diri seorang anak. Dan ini bisa diajarkan pada pelajaran agama islam di sekolah, di rumah, maupun di masyarakat (seperti pesantren)

  • #3
    Assalamu'alaikum Wr. Wb
    saya Vira Ridho Hidayati...
    mohon maaf ingin bertanya..
    Menurut kelompok Anda, money politik saat akan dilaksanakannya pemilu itu termasuk korupsi atau tidak? Misalkan iya, bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Karena didaerah saya setiap musim pemilihan masih banyak yang menggunakan money politik untuk memenangkan pemilihan.

    Terimakasih..
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb

    تعليق


    • Rizky Wulandari
      Rizky Wulandari تم التعليق
      تعديل التعليق
      Saya Rizky Wulandari akan membantu menjawab. Menurut saya itu termasuk korupsi. Karena tindakan memberi dan atau menerima uang sebagai hadiah atau janji (suap).

    • Laksamana Prammana Agung
      Laksamana Prammana Agung تم التعليق
      تعديل التعليق
      Assalamu'alaikum wr wb selamat siang saya Laksamana Prammana Agung Izin menanggapi pertanyaan anda mengenai money politik yang ada di Indonesia. Money politik adalah sebuah upaya suap yang dilakukan partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon dan/atau tim kampanye untuk membeli suara rakyat. Money politik termasuk dalam bentuk bentuk korupsi yaitu "Suap" Istilah lain yang juga merupakan salah satu bentuk korupsi adalah risywah. Istilah ini berasal dari kata rasyā, yarsyū, risywah yang berarti “menyuap” atau “menyogok”. Melihat fenomena ini lalu solusi apa yang tepat untuk mengatasinya ? Menurut sudut pandang saya, Sistem Politik di indonesia lah yang harus di rubah. Mulai dari Pola recrutmen anggota partai, sistem Kepartaian, dan sistem Pemilu kita. Mengapa demikian ? Karena money politik ini sudah sangat melekat dengan sistem politik kita yang seperti ini. Munurut david easton sistem politik sendiri di pengaruhi oleh tuntutan dan dukungan. Oleh karena itu kita selaku rakyat yang demokratis harus tegas menyikapi hal ini. Nabi SAW bersabda:

      “Dari Abdullah bin Amr bin „Ash, dia berkata: Rasulullah SAW melaknat orang
      yang menyuap dan orang yang menerima (minta) suap.” (HR. Abu Dawud dan
      alTirmidzi)

    • viraridho hidayati
      viraridho hidayati تم التعليق
      تعديل التعليق
      Baik terimakasih atas jawaban dari teman-teman

      Saya ingin bertanya kembali, tetapi misalkan dilingkungan kita ada seperti itu, kemudian dari kita sendiri sebagai pemuda ingin menolaknya kan selalu tidak bisa, selalu lah dianggap sudah menjadi patokan lah istilahnya dari lingkungan kita harus memilih paslon yang diunggulkan, kemudian sikap kita sebaiknya seperti apa? Lalu untuk uang yang kita terima ketika kita gunakan untuk membeli makanan lah misalnya, itu hukumnya seperti apa? Apakah ibadah yang kita lakukan juga tidak diterima selama 40 hari?

      Terimakasiih..

  • #4
    Mohon izin bertanya, bagaimana menurut pendapat kelompok anda mengenai korupsi yg ada di Indonesia? dan bagaimana solusinya? Terima kasih🙏

    تعليق


    • Rohmania Agustin Pramana
      Rohmania Agustin Pramana تم التعليق
      تعديل التعليق
      Assalamu 'alaikum Wr. Wb, saya Rohmania Agustin P.P. izin menanggapi pertanyaan dari mbk Rahma Indarti.

      Menurut saya kasus korupsi di Indonesia merupakan suatu penyakit yang akut yang sulit sekali di atasi. Kita tahu bahwa korupsi itu banyak merugikan semua pihak, mereka pelaku korupsi hanya mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain. Dampak korupsi di Indonesia sangat banyak salah satunya kurangnya kesejahteraan bagi warga negaranya dan mereka hanya menambah hutang Negara saja. korupsi terjadi karena beberapa hal antara lain:
      1.kurang ketatnya pengawasan dalam pelaksanan kinerja
      2.persaingan politik
      3. hukum yang lemah
      4. faktor diri sendiri

      Dan menurut saya hal tersebut bisa di atasi dengan beberapa cara salah satunya adalah memperketat atau membuat sanksi hukuman yang lebih berat kepada koruptor, jika saya amati menurut undang undang undang tentang pelaku korupsi hukumannya kurang berat dan di anggap sepele oleh pelaku korupsi di tambah dengan hakim yang bisa di sogok. beda dengan pelaku kejahatan lain sampai ada yang di hukum mati.

      Mohon maaf jika ada yang kurang 🙏

  • #5
    Saya bertanya, banyak sekali korupsi di Indonesia, dan untuk hukumannya sendiri di Indonesia kebanyakan hanya di penjara atau di berhentikan jabatannya, dengan hukuman seperti itu tidak ada apa² nya bagi koruptor sendiri.
    menurut kalian apakah di Indonesia berhak menggunakan hukuman potong tubuh atau tembak mati? Dengan cara itu koruptor tidak akan lagi jera

    تعليق


    • NurainaSeptiana
      NurainaSeptiana تم التعليق
      تعديل التعليق
      Saya Nuraina septiana izin menanggapi pertanyaan ini:

      Menurut saya pribadi, hukuman seperti ini bagi koruptor Indonesia kurang tepat. Meskipun di Indonesia sendiri memang sudah memperbolehkan hukuman mati bagi koruptor dalam UU No. 31 Tahun 1999, namun bukan berarti itu cara yg tepat menangani masalah koruptor di Indonesia. Dalam Islam sendiri sebenarnya memang memperbolehkan (bahkan ada yg sampai mewajibkan) adanya hukuman mati bagi koruptor. Namun, jika kita tinjau ulang, apakah itu efektif? Menurut saya jawabannya tidak. Kita bisa berkaca pd negara China yg sudah sejak lama menerapkan hukuman mati bagi koruptor, tetapi hasilnya tidak menekan angka korupsi di negaranya. Solusinya menurut saya pribadi adalah menyerang psikis si pelaku korupsi, caranya? Selain dgn memiskinkan pelaku korupsi (karena kebanyakan mereka melakukan korupsi utk mengembalikan modal awal mereka saat nyalon jdi pejabat), kita juga dpt mengucilkan para pelaku di lingkungan sosialnya, misalnya mendekti dia sbg koruptor dan tdk ingin bergaul dgn dia maupun keluarganya, tentu ini bisa menjadi salah satu cara agar ia bisa merasa malu dgn org sekitarnya. Meskipun terkesan berlebihan, namun kdg itu diperlukan karena budaya malu di negara kita ini sudah semakin berkurang. Makanya banyak para eks koruptor bahkan tersangka koruptor merasa biasa saja saat berjalan-jalan di luar rumah mereka.
      Mohon maaf jika ada yg kurang🙏

    • Laksamana Prammana Agung
      Laksamana Prammana Agung تم التعليق
      تعديل التعليق
      Saya Laksamana Prammana Agung Mohon izin menangapi, Melihat korupsi yang sudah semakin parah di Indonesia membuat kita semakin geram terhadap koruptor. Lalu apakah dengan hukuman mati dapat membuat jera Koruptor ? Saya dalam sebuah seminar yang dilaksanakan oleh KPK pernah menanyakan hal ini kemudian jawaban nya adalah Tidak. Mengapa demikian ? Untuk memutus mata rantai korupsi di Indonesia tidak bisa menggunakan hukuman mati. Bukan karena KPK tidak bisa mengambil sikap tegas melainkan Korupsi di Indonesia sendiri bukan dilakukan oleh satu dua orang melainkan melibatkan banyak orang. kemudian kasus korupsi yang diselesaikan KPK sendiri adalah kasus yang dilaporkan jika ada kasus korupsi tapi tidak di laporkan maka tidak akan ditindak lanjut oleh KPK.

  • #6
    Mohon izin bertanya, menurut kelompok kalian hukuman apakah yang pantas dijatuhkan kepada para koruptor agar menimbulkan efek jera? Terimakasih

    تعليق


    • NADIA EKA SEPTIA WIDURI
      NADIA EKA SEPTIA WIDURI تم التعليق
      تعديل التعليق
      Izin menjawa, kalo menurut saya hukuman yang pantas untuk para koruptor adalah dimiskinkan saja,karena mereka haus akan uang dan kekuasaan maka jika dimiskinan mereka bisa jadi akan menyesal dan bisa menimbulkan efek jera. karena kalau hanya di masukkan kedalam penjara, mereka bakal santai2 saja, karena dipenjara itu biasanya untuk kalangan pejabat pasti terdapat fasilitas2 tertentu jadi mereka tidak akan merasa jera. jadi menurut saya lebih baik di miskinkan saja di ambil semua hartanya. terimakasih

    • Rizky Wulandari
      Rizky Wulandari تم التعليق
      تعديل التعليق
      Saya Rizky Wulandari membantu menjawab, menurut saya untuk memberikan efek jera kepada pelaku dalam arti korupsi yang sudah merugikan negara adalah hukuman mati. Selain itu seluruh harta yang dimilikinya (keluarga) juga disita oleh negara. Itu jauh lebih efektif dan mungkin angka korupsi akan turun drastis.

  • #7
    Bagaimana pendapat kalian tentang korupsi waktu. Dan bagaimana cara kalian menyikapi mereka yang suka korupsi terhadap waktu? #mesyindah

    تعليق


    • NADIA EKA SEPTIA WIDURI
      NADIA EKA SEPTIA WIDURI تم التعليق
      تعديل التعليق
      Izin menjawab

      pendapat mengenai korupsi waktu,Korupsi waktu adalah sikap dimana seseorang tidak melakukan pekerjaan atau kegiataan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.sudaah pasti ini hal yang tidak baik karena melakukan sesuatu tidak sesuai dengan yg telah ditentukan, dan cara menyikapinya yaitu dengan menasehati terlebih dahulu dan memberi saran agar tidak melakukan korupsi waktu lagi, misalnya memberi saran agar membuat jadwal harian dengan menulis kegiatan yang menjadi prioritas berserta waktu mulai hingga mengakhirinya, kedua dengan tidak melakukan kegiatan yang membuang2 waktu, ketiga tidak menunda2 waktu dalam mengerjakan sesuatu, ke empat memasang pengingat diponosel, kelima harus menumbuhkan tekad untuk menghindari korupsi waktu trmakssih.

  • #8
    Saya ingin bertanya, apakah suatu hal yang disebut korupsi itu akan selalu berhubungan dengan uang? Jika Iya mengapa...
    dan jika tidak contohnya apa?

    تعليق


    • NADIA EKA SEPTIA WIDURI
      NADIA EKA SEPTIA WIDURI تم التعليق
      تعديل التعليق
      izin menjawab. korupsi itu tidak selalu berhubungan dengan uang karena korupsi itu bermacam-macam ada yg korupsi uang, korupsi waktu,korupsi barang, misal kalau korupsi waktu kita terlambat mengumpulkan tugas.

    • Rizky Wulandari
      Rizky Wulandari تم التعليق
      تعديل التعليق
      Saya Rizky Wulandari membantu menjawab. Saya setuju dengan pendapat Nadia. Selain itu korupsi juga bisa dalam bentuk memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan),
      penggelapan dalam jabatan,
      pemerasan dalam jabatan,
      ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara), dan
      menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara).

  • #9
    Mohon izin bertanya, bagaimana pandangan islam mengenai pengajuan dana yang dilebih-lebihkan. Misalnya kita didalam kegiatan organisasi melakukan pengajuan dana sebesar 25jt, sedangkan dana real sebenarnya hanya membutuhkan 18jt-an. Menurut kelompok anda hal tersebut apakah sama dengan hal penggelapan dana atau termasuk bentuk korupsi lain? Bagaimana pandangan islam mengenai hal tersebut?
    Terima kasih

    تعليق


    • #10
      Perkenalkan saya Naizatul Zainul rofiqi saya mau bertanya apakah pemutaran untung dalam proyek besar apakah termasuk korupsi? Saya bertanya seperti ini karena saya memahami slide ke 4 baris terakhir dalam pengertian korupsi menurut saudara?? Terimakasih

      تعليق


      • #11
        Mohon izin bertanya...
        Menurut pendapat anda, motif apakah yang paling dominan yang menyebabkan maraknya tindak korupsi di Indonesia?

        Lalu apa hukum bagi orang yang tanpa sadar ia telah melakukan korupsi? padahal didalam dirinya tidak memiliki niat untuk melakukan korupsi.

        terimakasih...

        تعليق


        • Rizky Wulandari
          Rizky Wulandari تم التعليق
          تعديل التعليق
          Saya Rizky Wulandari membantu menjawab. Menurut saya motif yg paling dominan (koruptor negara) adalah mementingkan diri sendiri. Misal ingin cepat kaya, ingin naik jabatan dll. Semestinya sebagai orang yg menjabat didalam pemerintah mengerti jenis tindakan korupsi. Jadi tidak sewajarnya tidak sadar melakukan tindakan korupsi (dalam hal materi).

      • #12
        Saya setuju bahwa korupsi itu adalah sebuah perbuatan jahat dan sangat tercela. Korupsi sangat merugikan bagi banyak orang. Yang Ingin saya tanyakan kepada pemateri, bagaimana menurut kalian bahwa pelaku korupsi di Indonesia diberi hukuman mati? Karena melihat masyarakat indonesia sendiri yg memeluk beberapa macam agama, sehingga tidak bisa diterapkan hukum islam secara sepihak.

        تعليق


        • #13
          المشاركة الأصلية بواسطة Rahma Indarti مشاهدة المشاركة
          Mohon izin bertanya, bagaimana menurut pendapat kelompok anda mengenai korupsi yg ada di Indonesia? dan bagaimana solusinya? Terima kasih🙏
          jadi gini, menurut kelompok kami terutama saya yang menjawa pertanyaan ini, korupsi di indonesia itu adalah penyakit pejabat pejabat negara Indonesia, bahkan rakyat sudah terprogram dalam pikirannya bahwa pejabat pasti korupsi. sudah menjadi hal yang wajar, kurangnya transparasi politik di indonesia menjadi rakyat tidak tau apa saja yang sudah dilakukan pemerintah/pejabat negara. saya merasa mentalnya pejabat negarapun masih kurang, ketika dia korupsi malah akan merasa bangga dan tidak merasa bersalah. jika di negara jepang, pejabat negara yang korupsi bahkan tidak jarang bunuh diri karena merasa malu dan gagal sbg pejabat negara. berbeda bukan dengan indonesia? menurut saya solusi yang benar benar clear menghentikan semua orang korupsi itu tidak begitu ada dan bisa dijalankan, lebih baik memperbaiki mental, akhlak, dari pejabat negara itu sendiri. rasa tanggung jawab sebagai pejabat negarapun harus lebih ditingkatkan, sebelum seorang pejabat negara resmi menjabat. terimakasih🙏

          تعليق


          • #14
            Assalamualaikum WR.WB
            Nama saya Pramana Herjati PD mau bertanya , budaya korupsi kan banyak terjadi di kalangan mahasiswa dan siswa contohnya mencotek , Kira kira jika kelompok kalian menjadi seorang guru dan mengetahui murid kalian melakukan kegiatan mencontek , bagaimana respon kalian ? kira kira apa yang kalian lakukan terhadap murid itu ? jelaskan alasanya dan hukuman apa yang pas dari pandagan agama Islam tentng hal itu? terima kasih

            تعليق


            • #15
              المشاركة الأصلية بواسطة Nabillah nurul مشاهدة المشاركة
              Assalamu'alaikum wr.wb. Saya Nabillah Nurul Fitria izin bertanya,bagaimana peran agama islam untuk menumbuhkan budaya anti korupsi yang saat ini terjadi di bagsa kita? Terimakasih. Wassalamu'alaikum wr.wb
              terimakasih atas pertanyaannya, jadi dalam agama islam untuk menubuhkan budaya anti korupsi adalah dengan menumbuhkan sikap yang tidak hanya memikirkan duniawi, selalu mengingat Tuhan. lebih sederhananya lagi, Allah menghendaki setiap umatnya untuk mematuhi perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. tidak ada perintah Allah untuk berbuat curang dan korupsi terhadap uang milik bersama. jika kita menjalankan semua perintah Allah, InshaAllah kita akan takut apabila akan melakukan korupsi. mungkin itu saja🙏

              تعليق

              يعمل...
              X