إعـــــــلان

تقليص
لا يوجد إعلان حتى الآن.

Bab x fikih ekologi: Konservasi lingkungan dan upaya pencegahan kerusakannya

تقليص
X
 
  • تصفية - فلترة
  • الوقت
  • عرض
إلغاء تحديد الكل
مشاركات جديدة

  • #31
    المشاركة الأصلية بواسطة Nurul Izzah K. P. P. مشاهدة المشاركة
    Perkenalkan nama saya Nurul Izzah Khusniar Putri P.

    izin bertanya ya, menurut kelompok kalian solusi2 apa saya yang tepat supaya teknologi dan lingkungan berjalannya balance? Tidak merusak satu sama lain dan malah menguntungkan. Terimakasiih
    Menurut kelompok kami, solusi agar teknologi dan lingkungan dapat berjalan seimbang adalah dengan memanfaatkan teknologi secara baik. Maksudnya, dalam pembuatan teknologinya haruslah memperhatikan standar keamanan bagi lingkungan. Karena teknologi itu ciptaan manusia, sehingga ketika membuatnya pun haruslah diuji secara matang dengan resiko yang ditimbulkan seminimal mungkin.

    تعليق


    • #32
      المشاركة الأصلية بواسطة viraridho hidayati مشاهدة المشاركة
      Assalamu'alaikum Wr. Wb.
      saya Vira Ridho Hidayati, saya ingin bertanya mengenai hadis Rasulullah SAW tentang peduli lingkungan salah satunya adalah larangan membunuh anak burung, dan didalam hadis dai Abu Dawud disebutkan tidak boleh mengambil anak burung. Nah jika dikaitkan dengan kehidupan sekarang ini kan masih banyak yang mengambil anak-anak burung kemudian dipelihara atau dijadikan hewan peliharaan kemudian ada juga yang dijual. Nah menurut pendapat kelompok anda bagaimana?

      terimakasiih
      Waalaikumsalam wrwb. Izinkan kami menjawab. Memang benar seperti yang ada di dalam hadist Rasullulah bahwa mengambil anak burung dilarang. Tetapi menurut kami dikonteks lain hal ini memang dilarang jika didasarkan kalau kita ingin menyakiti atau melakukan hal menyebabkan anak burung ini terluka ataupun hal lainnya. Seperti yang dijelaskan dalam Q.S An-Nahl ayat 5-8 bahwa Allah menegaskan bahwa memelihara burung diperbolehkan untuk memelihara hewan peliharaan. Dan juga ada penjelasan mengenai hal ini di hadist-hadist lainnya. Di dalam hadist ini dijelaskan bahwa diperbolehkan memelihara burung dalam sangkar dan diperdengarkan suaranya selama sang pemiliknya memperhatikan dan juga merawat burung-burung ini dengan baik. Terima kasih.

      تعليق


      • #33
        المشاركة الأصلية بواسطة Rohmania Agustin Pramana مشاهدة المشاركة
        Assalamu'alaikum Wr. Wb . Saya Rohmania Agustin P.P . Saya izin bertanya. Di al-qur'an sudah di jelaskan bahwa manusia adalah sebagai khalifah di bumi. Seperti kita ketahui pengertian dari khalifah itu sendiri adalah menjaga atau memelihara yang ada di bumi. Tapi pada kenyataanya kerusakan pada lingkungan kebanyakan di sebabkan oleh ulah manusia itu sendiri. Menurut kelompok anda bagaimana pandangan tentang hal tersebut?

        Terima kasih
        Menurut kelompok kami terhadap hal tersebut yaitu:
        1. Kurangnya pemahaman manusia mengenai tujuannya diciptakan adalah untuk menjaga dan memelihara apa yang di bumi termasuk lingkungan sehingga mereka menganggap bahwa ketersediaan alam untuk dinikmati tanpa dijaga atau bahkan dilestarikan.
        2. Kelalaian manusia terhadap apa yang di bumi, ada yang sudah paham untuk menjaga dan melestarikan alam namun karena mereka lalai dengan urusan dunia seperti dengan mendirikan pabrik di lahan sawah masyarakat desa. Manusia hanya memikirkan keuntungan pada dirinya atau kelompoknya tanpa memikirkan kondisi alam setelah adanya pabrik.

        Mohon maaf apabila ada kesalahan dan silahkan apabila ada yang ingin menambahkan.
        Sebelumnya, terima kasih atas pertanyaannya.

        تعليق


      • #34
        المشاركة الأصلية بواسطة Ni'ma Maulida Lihusnia مشاهدة المشاركة
        Mohon izin didalam ppt disebutkan mengenai hadist Rasulullah tentang peduli lingkungan bahwasanya salah satunya adalah reboisasi
        akan tetapi seperti yang kita ketahui saat ini bukannya banyak terjadi reboisasi malah kenyataannya dikota kota besar terjadi penebangan secara besar besaran yang kemudian dijadikan gedung gedung pemerintahan dan gedung industri. Bahkan dari situ bukan hanya lahan penanaman menjadi sempit tetapi juga mencemari lingkungan sekitar baik air udara maupun tanahnya.
        menurut anda upaya apa yang dapat dilakukan untuk menggalang adanya aksi reboisasi secara besar besaran dilingkungan kota utamanya dengan keadaan sosial dikota yang acuh pada lingkungannya.
        terimakasih
        Waalaikumsalam wrwb. Menurut kelompok saya sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung adanya kegiatan reboisasi ini. Tidak hanya melakukan kegiatan reboisasi secara langsung tapi juga bisa juga dilakukan dengan kegiatan lainnya contohnya melakukan donasi untuk mendukung kegiatan reboisasi ini. Selain itu pemerintah kota juga memberikan instruksi mengenai kegiatan reboisasi ini menggunakan media-media sosial agar masyarakat bisa tergerak untuk turut serta berpartisipasi dalam kegiatan reboisasi. Terima kasih.

        تعليق

        يعمل...
        X