إعـــــــلان

تقليص
لا يوجد إعلان حتى الآن.

Bab xi : Politik dan cinta tanah air dalam perspektif islam

تقليص
X
 
  • تصفية - فلترة
  • الوقت
  • عرض
إلغاء تحديد الكل
مشاركات جديدة

  • Bab xi : Politik dan cinta tanah air dalam perspektif islam


  • #2
    Assalamu'alaikum Wr. Wb...
    Saya Vira Ridho Hidayati..
    Saya ingin bertanya mengenai khilafah. Khilafah itu seperti apa? Dan untuk saat ini kan HTI sudah dibubarkan, akan tetapi orang²nya itu masih ada, sehingga masih banyak orang yang menyebarkan bahwa negara Indonesia akan dijadikan khilafah. Menurut kelompok anda, sikap kita seharusnya bagaimana jika kita didatangi oleh orang HTI dan ingin mengajak kita menjadikan negara Indonesia menjadi negara Khilafah?

    Terimakasih☺
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb

    تعليق


    • NADIA EKA SEPTIA WIDURI
      NADIA EKA SEPTIA WIDURI تم التعليق
      تعديل التعليق
      Nadia Eka S.w
      Assalamualaikum izin menjawab mengenai bagaimana sih sikap kita jika diajak untuk menjadikan negara Indonesia menjadi negara khilafah? menurut kelompok kamii hal yg kita lakukan haruss selalu menanamkan sikap cinta terhadap tanahh airrr.cinta terhadap pancasilaa. dan cinta akan apa yg sudah adaa di negara ini. kita haruss memiliki sikap yg nasionalissme dan selalu mengamalkan nilai2 pancasila. karena pancasilaa itu digali dari nilai2 luhur bangsaa indonesia yg sesuai dg kepribadian bangsaa, jadii indonesia tidak cocok untuk menjadi negara khalifaah.dan disisi lain Indonesia ini negara yg penuh dengan keragaman, jadi sikap kita hrus tegasss,selalu menanamkan sikap nasionaliss,teguh pendirian, jngn sampai goyahh oleh ajakan orang2 yg seperti ituu. ingattlah selalu perjuangann pahlawan kitaa dulu dan beliau2 sudah merancang negara ini dengan sebaik2nya, jadii jangan terpengaruhh intinyaaa harus selalu teguh pendirian dan berjiwa nasionalissme dan selalalu mengamalkan nilai2 pancasila. trimaksih.

    • viraridho hidayati
      viraridho hidayati تم التعليق
      تعديل التعليق
      Baik baik, terimakasih jawabannya ☺

    • altlya
      altlya تم التعليق
      تعديل التعليق
      waalaikumsalam wr.wb, terimakasih atas pertanyaannya. seharusnya kita dapat bersikap memegang teguh prinsip NKRI yang berpegang teguh pada nilai-nilai pancasila. dalam sila pertama sendiri menjelaskan bahwa ketuhanan yang maha esa, berarti setiap warga negara indnesia boleh untuk mempercayai agama apapun yang diperbolehkan di indonesia, dan tidak ada paksakan terhadap satu agama saja. dalam islam juga kita diajarkan sikap bertoleransi, seperti halnya yang tercantum dalam surat Al-Kaafiruun yang isinya "Bagimu agamamu dan bagiku agamaku"

  • #3
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Nama saya Pramana Herjati PD dan Saya mau bertanya , Isu politik di Indonesia meruapakan hal yang sensitif dan selalu hangat dibicarakan , mulai dari praktik ,bentuk dan kebijakan politik yang ada. Karena di Indonesia mayoritas beragama islam , maka hampir ada setiap kegiatan demokrasi di Indonesia seperti pemilihan kepala daerah pasti ada politikus / calon kepala daerah yang memanfaatkan agama sebagai cara untuk mendapatkan suara di pemilihan umum atau sering disebut sebagai kampanye berkedok salah satu agama untuk mendapatkan suatu kepentingan . Menurut kalian bagaimana tentang peristiwa tersebut ? dan menurut pandangan islam bagaimana ?

    Terimakasih

    تعليق


    • #4
      Feni Permata Sari_190412630005
      Assalamu'alaikum wr.wb...
      Mohon izin bertanya... Menurut pendapat kalian bagaimanakah tuntunan agama Islam dalam penerapan sistem pemerintahan di Indonesia? dan apakah saat ini penerapan politik di Indonesia sudah dapat dikatakan baik?
      Terimakasihh...

      تعليق


      • NurainaSeptiana
        NurainaSeptiana تم التعليق
        تعديل التعليق
        Izin menanggapi pertanyaan
        Menurut saya pribadi, agama Islam sudah banyak memberi contoh bagaimana penerapan sistem pemerintahan yg baik, misalnya harus adanya unsur keadilan atau permusyawarahan yg diwujudkan saat masa khilafah dahulu. Di Indonesia sendiri kan sudah ada mengambil contoh dr zaman tsb, seperti yg sdh diungkit di ppt mengenai pemilihan pemimpin negara melalui proses pemilihan langsung. Masalah perpolitikan pun sudah ada sejak zaman khilafah karena memang pd dasarnya manusia akan "berpolitik" dgn urusan/orang lain. Menurut saya, politik di Indonesia ini sudah cukup bagus gambarannya, hanya ada pada realitanya beberapa oknum yg menyalahgunakan arti perpolitikan sendiri yg membuat masyarakat berperspektif bahwa politik itu kotor dan jahat.

      • Nur Kholifah
        Nur Kholifah تم التعليق
        تعديل التعليق
        Izin menambahkanbenar yang dikatakan pleh mbak Nuraina Septiana dimana banyak okmun yg menyalahgunakan arti perpolitikan sendiri yg membuat masyarakat berperspektif bahwa politik itu kotor dan jahat, mungkin tambahannya masyarakat sendiri perlu mengkaji nilai² perpolitik juga sehingga mereka tidak mudah terpengaruh dan memiliki pondasi kuat dalam menghadapi politik dan juga oknum oknum yang menyelewengkan politik.

    • #5
      Assalamualaikum Wr.Wb, mohon izin bertanya
      Saya Rahma Indarti
      Menurut kelompok kalian sendiri, seperti apa contoh nyata di kehidupan mengenai cinta tanah air menurut islam? dan bagaimana cara untuk tetap menanamkan cinta tanah air di zaman yang seperti ini?
      Terima kasih

      تعليق


      • NADIA EKA SEPTIA WIDURI
        NADIA EKA SEPTIA WIDURI تم التعليق
        تعديل التعليق
        Assalamualaikum mohon izin menjawab. Dalam Al-Quran dijelaskan bagaimana mencintai tanah air. Allah SWT berfirman:

        “Dan sesungguhnya jika seandainya Kami perintahkan kepada mereka (orang-orang munafik): “Bunuhlah diri kamu atau keluarlah dari kampung halaman kamu!” niscaya mereka tidak akan melakukannya, kecuali sebagian kecil dari mereka…” (QS. An-Nisa’: 66)

        Hal yang dimaksudkan diatas menjelaskan bahwa jika kita meninggalkan tanah air bagi orang-orang yang berakal adalah sebuah perkara yang sulit dan berat, sama dengan sakitnya jika melakukan bunuh diri. Jadi, cinta tanah air merupakan fitrah yang sangat dalam pada jiwa manusia.

        contohnya sepertii kita yg selalu menghargai satu sama lain, bertoleransi, serta mengamalkan nilai2 pancasila dan juga bisa dg berprestasi dlm sgl bidang yg dpt mengarumkan nama baik tanah air indonesia,. cara menanamkancinta terhadap tanah airr yaituu dg menanamkankan sejak dari dini. dan juga bisa lewat media sosial dg memberi informasi2 menarik mengenai tanah air kita yg isinyaa bersangkutan dg bagaimana cara kita agar selalu cinta terhadap tanah air kitaa. trmksh🙏

    • #6
      Assalamu'alaikum wr. wb
      selamat pagi
      mohon izin, saya Ni'ma Maulida Nim 190711637259, izin bertanya mengenai cinta tanah air menurut islam. Untuk dizaman sekarang ini dimana banyak orang mengaku islam namun dia sendiri tidak mengerti dan menjalankan syariat islam itu sendiri. Lalu bagaimana cara dia dapat melaksanakan cinta tanah air menurut islam sedangkan dia mempelajari agamanya saja tidak mau ? Berikan contoh cara menghadapi orang yang seperti itu yang dapat membuat orang itu mau mencintai tanah air seperti yang diajarkan dalam islam
      terimakasih

      تعليق


      • Mella Saroh
        Mella Saroh تم التعليق
        تعديل التعليق
        izin menanggapi sedikit, islam bukanlah agama yang sifatnya memaksakan kehendak sehingga apabila kita menempuh jalan memaksa seseorang agar mencintai tanah airnya itu salah. sebagai umat islam kita bisa mengajak mereka menggunakan cara yang halus, dengan cara menasihati dan menyentuh hatinya agar dia sadar bahwa tanah air adalah tempatnya dilahirkan dan dibesarkan oleh orang tuanya. kita harus menyadarkannya bahwa tanah air sangatlah berjasa bagi kelangsungan hidupnya dan keluaganya. terima kasih

    • #7
      Assalamualaikum. Mesy indah n 190711637287. Menurut kelompok kalian dalam perspektif Islam bagaimana cara mengajak atau menghadapi pemuda yang saat ini kurang cinta terhadap tanah air.

      تعليق


      • NADIA EKA SEPTIA WIDURI
        NADIA EKA SEPTIA WIDURI تم التعليق
        تعديل التعليق
        Assalamualaikum
        Hallo messy . aku nadiaa ekaa, mohon izin menjawabb yaa. menurutt kami cara mengajak atau menghadapi pemuda yang saat ini kurang cinta terhadap cinta tanah airr menurut islam ituu dengan cara memberiikan nasehatt yg baik2 dan memberi pengajaran yg lebih mendalam lgi tentang agama, karena kalau agamanya baik pastii akhlaknya jugaa baik. nahh stelah akhlaknya baik pastii para pemudaa ini akan berpikirr kalauu tanah airnyaa hruss tetap dijagaaa shg lama kelamaan mreka akan cinta terhadap tanah airr stelah itu tanamkanlahhh jiwa nasionalisme dan mengamalkan nilai pancasilaa. trmkshhh

    • #8
      Mari Cahyani 190711637219
      Izin bertanya, di ppt di jelaskan politik memegang peranan pentinhlg dalam Islam karena perdamaian dan ketertiban dapat di wujudkan. Lalu bagaimana pandangan kalian mengenai situasi yg terjadi saat ini sperti banyaknya peperangan ataupun perselisihan antara umat islam, dimana peran politik disituasi tersebut ? mohon dijelaskan sebenarnya seperti apa peran sesungguhnya politik dalam islam ?
      Terimakasih banyak

      تعليق


      • Mella Saroh
        Mella Saroh تم التعليق
        تعديل التعليق
        izin menambahkan pertanyaannya, dan pada saat ini justru ada pula politik dijadikan sebagai media untuk menngadu domba sesama umat islam sehingga dapat menyebabkan perpecahan sessama umat islam atau dengan umat beragama lain, lalu bagaimana tanggapan kelompok anda?

    • #9
      Nurul Izzah Khusniar Putri Pradana
      (190711637251)

      Izin bertanya ya, Indonesia kan negara Pancasila, berbagai agama serta adat istiadat ada di Indonesia. Nah, menurut kelompok anda, bagaimana cara menyikapi beberapa orang egois yang ingin mengubah Indonesia menjadi negara Islam?

      Terimakasih

      تعليق


      • NADIA EKA SEPTIA WIDURI
        NADIA EKA SEPTIA WIDURI تم التعليق
        تعديل التعليق
        Nadia eka S.w
        Assalamualaikum, mohon izin menjawab.
        Menurut kelompok kami cara menyikapinya yaitu selalu menanamkan jiwa nasionaliss dan cinta tanah air serta mengamalkan nilai2 yg terkandung dalam pancasila pada diri masing2, untuk orang yg egois seperti itu mungkin perluu di beri nasehat atau mengajaknya untuk selalu menanamkan jiwaa pancasilais.
        trmksh🙏

      • Luk Luul Muniroh
        Luk Luul Muniroh تم التعليق
        تعديل التعليق
        Izin menambahkan
        Sebelum menanamkan kembali nilai nilai nasionalisme dalam diri mereka kita juga harus mengetahui apa dasar dari tindakan mereka yang ingin mengubah Indonesia menjadi negara Islam agar inti permasalahannya dapat dicari dan diselesaikan. Serta kita dapat menerapkan metode yang tepat untuk penanaman nilai luhur bangsa bagi mereka kembali. Terimakasih

    • #10
      Assalamualaikum
      Saya Audria Octavia (190751639687)
      Beberapa waktu kebelakang situasi politik dan agama di Indonesia lumayan memanas, hingga ada yang berpandangan bahwa politik di Indonesia harus dipisahkan dari urusan agama, apakah hal tersebut tepat? Atau justru semakin membuat kacau perpolitikan Indonesia?

      تعليق


      • NADIA EKA SEPTIA WIDURI
        NADIA EKA SEPTIA WIDURI تم التعليق
        تعديل التعليق
        Nadia Eka S.W
        Assalamualaikum, mohon izin menjawab. menurut kelompok kami,ya itu memang memang tepat, sudah seharusnya politik itu dipisahkan dengan agama, karena politik memang tidak boleh di sangkut pautkan dengan agama. nah bisaa dilihat sendiri indonesia ini merupakan negara yg terdiri dari berbagai macam agama dan mayoritas penduduknya adalah beragama islam, sudahh pastii kalau membahas politikk dan menyangkutpautkan dg agama ituu pasti sudahh salahh. karenaa ini merupakan hal yg sensitif untuk dibicarakan di ranah politik.karenaa itu sudah berdasarkan kepercayaan masing2. dan apabila sudah berbicara tentang agama dan TUhan, semua akan semakin rumit dan serba salah, sudah tepat sekali kalau politik itu hrus d pisahkan dg agama trmaksihh🙏

    • #11
      Mari Cahyani 190711637219
      Izin bertanya, di ppt di jelaskan politik memegang peranan pentinhlg dalam Islam karena perdamaian dan ketertiban dapat di wujudkan. Lalu bagaimana pandangan kalian mengenai situasi yg terjadi saat ini sperti banyaknya peperangan ataupun perselisihan antara umat islam, dimana peran politik disituasi tersebut ? mohon dijelaskan sebenarnya seperti apa peran sesungguhnya politik dalam islam ?
      Terimakasih banyak

      تعليق


      • #12
        Novia Ardhana (190711637238)
        mohon izin bertanya, bagaimana perpolitikan yang sesuai islam menyikapo banyaknya permasalahan atau konflik agama ? mohon dijelaskan sedikit agar saya dapat mengerti. terimakasih🙏

        تعليق


        • altlya
          altlya تم التعليق
          تعديل التعليق
          baik, terimakasih atas pertanyaannya. menurut saya cara menyikapi perihal banyaknyaa konflik agama saat ini yaitu dengan kembali kepada konsep amar makruf nahi munkar. konsep amar makruf nahi munkar pada dasarnya lebih menekankan pada makna kasih sayang, yaitu agar manusia saling mengasihi sesamanya. sikap saling mengasihi di antara sesama manusia inilah yang pada hakikatnya akan mewujudkan suatu kebajikan dan dapat melenyapkan konflik agama yang terjadi.

      • #13
        المشاركة الأصلية بواسطة viraridho hidayati مشاهدة المشاركة
        Assalamu'alaikum Wr. Wb...
        Saya Vira Ridho Hidayati..
        Saya ingin bertanya mengenai khilafah. Khilafah itu seperti apa? Dan untuk saat ini kan HTI sudah dibubarkan, akan tetapi orang²nya itu masih ada, sehingga masih banyak orang yang menyebarkan bahwa negara Indonesia akan dijadikan khilafah. Menurut kelompok anda, sikap kita seharusnya bagaimana jika kita didatangi oleh orang HTI dan ingin mengajak kita menjadikan negara Indonesia menjadi negara Khilafah?

        Terimakasih☺
        Wassalamu'alaikum Wr. Wb

        Assalamualaikum wr wb
        saya Laksamana Prammana Agung Mohon izin untuk menanggapi.

        Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini masih ada sebagian masyarakat yang menginginkan Indonesia menjadi negara Khilafah.
        Lalu bagaimana sikap kita jika dihampiri kemudian diajak untuk mendirikan negara khilafah di bumi Nusantara yang kita cintai ini ??

        Yang perlu kita sadari bahwa khilafah sebagai keyakinamln tugas suci manusia dibumi ini perlu kita hormati bersama sama. Akan tetapi khilafah yang dipertentangkan dengan pancasila bukan lah keyakinan melainkan Ideologi Politik.

        Khilfah yang disebut dalam Al-Qur'an adalah ajaran Islam yang Mulia (Manusia Mengemban misi menjadi wakil tuhan di muka bumi / Khalifatullah fil ardh).

        Indonesia sebagai sebuah negara merdeka memiliki Ideologi nya sendiri yang tidak dilahirkan secara Instan atas satu pemikiran manusia seperti ideologi lainnya. Pancasila adalah Ideologi yang lahir dari pengkristalan nilai-nilai yang ada pada kehidupan masyarakat Indonesia. Sila ke 3 dan ke 4 sudah cukup menjelaskan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang memiliki persatuan atas setiap golongan dan menjaga keberlangsungan negara nya dengan musyawarah mufakat. Hal demikian lah yang sebetulnya harus kita jaga dan amalkan agar keutuhan bangsa Indonesia tetap terjaga dalam bingkai Kebhinekaan.

        Terimakasih banyak. Wassalamu'alaikum wr.wb



        تعليق


        • #14
          Ninik Novita Sari (190711637245).
          Assalamualaikum, izin bertanya ya. Bagaimana menurut pandangan kelompok anda dan pandangan Islam mengenai banyaknya para pelaku politik yang kurang bertanggung jawab, penuh nafsu dalam meraih kekuasaan, tidak dijiwai keikhlasan, tidak terbuka, tidak netral, dan tidak memenuhi prinsip dasar politik islam? Serta bagaimana solusi yang bisa diterapkan agar perpolitikan di Indonesia lebih baik? Terima kasih.

          تعليق


          • altlya
            altlya تم التعليق
            تعديل التعليق
            waalaikumsalam, terimakasih atas pertanyaannya. hal-hal yang tidak baik terjadi karena keyakinan sesorang terhadap Allah SWT kurang. karena apabila para pelaku politik yakin bahwa Allah SWT maha melihat, maha mendengar, maha mengetahui, maha memberi rezki, maka dia tidak akan mengingkari janjinya dalam berpolitik, tidak penuh nafsu dalam meraih kekuasaan, terbuka, netral, dan tidak akan melakukan perilaku tidak baik dalam berpolitik. perilaku tidak bertanggungjawab tersebut muncul apabila para pelaku politik tidak ada rasa takut kepada azab Allah SWT, tidak yakin dengan janji-janji Allah SWT bahwa di akhirat nanti setiap amal akan dihisab, setiap orang akan ditanya untuk apa umur dihabiskan, kemana masa muda digunakan, dari mana harta diperoleh dan kemana dibelanjakan serta adakah ilmu sudah di amalkan atau belum. oleh karena itu solusinya, diperlukan pendidikan agama islam sejak dini agar seseorang terbiasa dengan ajaran-ajaran yang telah diajarkan dalam agama islam ketika sudah dewasa.

        • #15
          Assalamu'alaikum Wr. Wb . Saya Rohmania Agustin P.P. izin bertanya. Kan di negara Indonesia ini dasar negaranya adalah Pancasila. Dimana Pancasila merupakan dasar negara Indonesia dan merupakan kesepakatan seluruh elemen bangsa melalui para wakilnya. Dengan kata lain berdirinya Indonesia dengan dasar Pancasila adalah merupakan hasil kesepakatan, dan umat islam terikat untuk melaksanakan kesepakatan tersebut. Saya ingin bertanya bagaimana hukum dan menurut kelompok anda tentang orang-orang yang menolak Pancasila karena ada yang menganggap tidak sesuai dengan pemahaman islam yang di yakini?

          Terima Kasih

          تعليق


          • NADIA EKA SEPTIA WIDURI
            NADIA EKA SEPTIA WIDURI تم التعليق
            تعديل التعليق
            Assalamualaikum
            izin menjawab, orang - orang yg menolak pancasila mungkin masih perluu pemahaman lebih mendalam lagi mengenai nilai2 yg terkandung d dalam pancasila karena pancasila ini merupakan hasil dari kepribadian bangsa indonesia sendiri. dan di dalam pancasilaa jugaa ada mngenai agamaa yg berbunyi *ketuhanan yg Maha ESa* ini sudah mewakili semua agama di Indonesia, dan di agama islam juga mengajarkan tentang arti menghargai dan menghormati sesama, di dalam pancasila sudah terkandung nilai2 yg sesuai dg islamm yaituu terhadap nilai2 yg baik. jadii salah jika ada pendapat yg mengaTakan pancasila tdak sesuai dg islam sedangkan di sila pertama sudah di jelaskan #ketuhanan yg maha esa. mungkin disini yg salah bukan pancasilanya. tp implementasinya. trimakasih.🙏

          • Rohmania Agustin Pramana
            Rohmania Agustin Pramana تم التعليق
            تعديل التعليق
            Baik terima kasih atas jawabannya
        يعمل...
        X